Laman

Please Select The Desired Language

English French German Spain Italian Dutch Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

25 Jan 2012

Capella Bintang Kembar di Langit Utara

Ilustrasi, by barewalls.com


Capella, adalah bintang paling terang dalam rasi Auriga. Di langit malam Capella merupakan bintang paling terang keenam serta bintang ketiga di langit belahan utara setelah Arcturus dan Vega. Sebenarnya Capella merupakan sebuah bintang ganda yang terdiri atas dua bagian saling edar setiap 104 hari.

Bintang ganda ini adalah sepasang bintang yang dihubungkan oleh gravitasi. Sebagian besar pasangan tampak sebagai bintang tunggal bagi mata telanjang, tetapi dapat terlihat terpisah dengan teleskop. Namun beberapa diantaranya begitu saling dekat sehingga adanya pasangan hanya dapat disimpulkan dari analisa cahaya gabungan keduanya. Dalam beberapa pasangan bintang, mereka secara berkala saling menghalangi. Maka dapat kita simpulkan bahwa Capella merupakan sebutan untuk sepasang bintang tertentu.

Bintang ini berukuran raksasa berwarna kuning dengan temperatur kurang lebih sama dengan Matahari. Menurut para ilmuwan ukuran Capella lebih besar 10 kali dibanding Matahari serta memiliki massa 2,5 kali massa Matahari. Kecemerlangan bintang kembar ini yaitu 50 kali, sementara pasangannya 80 kali dari matahari.

Bintang yang terletak di rasi Auriga ini tergolong sebagai bintang ganda "dekat", dimana sifat kegandaannya tidak dapat diamati melalui teleskop. Keduanya saling mengedari dalam jarak 60 juta mil atau kira-kira dua pertiga jarak Bumi dan Matahari dengan jarak salah satu yang terdekat dengan bumi adalah 42 tahun cahaya.

Kedua bintang ini sedang mendekati tahap pendinginan yang akan mendekati tahapan sebagai bintang raksasa merah. Ini menunjukan Capella sedang menanti ajalnya karena pembakaran hidrogen pada intinya telah memasuki fase berahir.

Capella dikenal juga sebagai salah satu bintang sumber sinar X. Diduga, hal ini berasal dari aktifitas magnetik serupa dengan yang terjadi pada permukaan Matahari kita, namun masih belum dapat dipastikan antara keduanya bintang mana yang memancarkan sinar X tersebut.

Di belahan lagit sebelah utara, Capella bersinar hampir tepat diatas kepala pada setiap musim dingin. Sedangkan Arcturus sebagai bintang paling cemerlang pada rasi tersebut muncul pada musim semi disertai Vega pada musim panas. Walaupun ketiganya terlihat sama cemerlang, namun sebenarnya agak berbeda dalam penampakan maupun sifat-sifatnya. Arcturus relatif dingin dengan warna jingga, sementara Vega lebih panas dengan warna putih, sedangkan Capella sendiri berwarna kekuningan dengan temperatur menengah di antara keduanya.

Refrensi: Wikipedia, syi'ra.hasya, & Space Astronomy

0 komentar:

Poskan Komentar