Laman

Please Select The Desired Language

English French German Spain Italian Dutch Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

3 Feb 2012

Planet Terbesar di Jagat Raya


Sebuah tim astronom internasional mengumumkan bahwa mereka telah menemukan planet ekstrasolar terbesardi jagat raya saat ini yang memiliki ukuran 70% lebih besar dari Jupiter. Planet baru yang dijuluki TrES-4 ini, sebenarnya kurang masif dari Jupiter. Dengan ukurannya yang jauh lebih besar tapi memiliki massa yang lebih rendah, maka para ilmuwan menyimpulkan mungkin planet tersebut mengembang.

Penemuan TrES-4 dirilis oleh para astronom yang bekerja dengan Exoplanet Survey Trans-atlantic. Ini adalah jaringan teleskop otomatis kecil di Arizona, California, dan Kepulauan Canary yang dirancang untuk berhati-hati mengukur jumlah cahaya yang berasal dari bintang-bintang. Sebuah peredupan berkala dan cerah merupakan kandidat transit planet, mengubah cahaya dari bintang ketika mereka bergerak.

TrES-4 memiliki kerapatan 0,2 gram per sentimeter kubik. Ternyata ini kurang dari kepadatan kayu balsa yang mudah mengapung di air. Planet ini sekitar 1.400 tahun cahaya jaraknya dan mengorbiti bintang dalam 3,5 hari. Hal ini menempatkan planet ini ke dalam klasifikasi Jupiter panas, mengorbit hanya 7,2 juta kilometer (4,5 juta mil) dari bintang, dan suhunya mencapai 1.600°Kelvin (2.300 °F). 

Sumber: www.space.com

3 komentar:

  • didin abidin says:
    8 Januari 2013 08.06

    "Nice artikel sob...!!!salam kenal z ea"

  • Dian says:
    28 Februari 2013 21.48

    kirain cuman jupiter yang gede di jagat raya ini ternyata ada lagi yang melebihi jupiter, wowwww !

  • opi priagung says:
    6 Juni 2013 19.34

    ada lagi gak yang lebih besar lagi

Poskan Komentar