Laman

Please Select The Desired Language

English French German Spain Italian Dutch Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

1 Mar 2013

Sejarah dan Fenomena Harlem Shake



Harlem adalah nama dari sebuah wilayah di New York City, Amerika Serikat. Konon pada tahun 1981, di sana ada seorang pemabuk yang bernama Al B (alBee) sering menari tidak karuan saat ia sedang mabuk, inilah yang membuat gerak Harlem Shake seperti gerakan orang yang sedang mabuk.

Al B mengatakan "tariannya tersebut hanyalah goyangan orang yang sedang mabuk, tetapi oarang-orang menganggap itu fantastis, dan semua orang menghargai hal itu". Dia juga mengatakan tarian itu berasal dari zaman Mesir Kuno yang menggambarkannya sekelompok mumi sedang menari. Karena mumi-mumi itu semua dibungkus kain, maka mereka tidak bisa bergerak dengan leluasa, semua yang mereka bisa lakukan hanyalah bergoyang (Harlem Shake).

Tarian itu pertama kali dikenal pada saat Entertainer Bola Basket Classic atau EBC dan menyebar dari sana ke daerah lain dan sempat populer karena digunakan dalam beberapa video musik. Lalu, pada tahun 2011, Harlem Shake dijadikan sebuah judul dari lagu elektronik yang diproduseri oleh Baauer. Pada bulan Februari 2013, Harlem Shake menjadi sangat populer hampir diseluruh dunian melalui situs YouTube.

Tarian Harlem Shake dalam video yang marak beredar di Internet saat ini berlangsung antara 30 hingga 32 detik dan menampilkan lagu “Harlem Shake” yang dibawakan oleh musisi elektronik Baauer. Biasanya, video ini dimulai dengan satu orang yang memakai helm atau topeng dan menari mengikuti irama lagu ini selama 15 detik. Dia berada di sekitar orang-orang yang tidak sadar atau tidak peduli akan gerak tarinya. Saat lagu berhenti, adegan video berganti dengan semua orang di video tersebut melakukan gerakan tari seperti orang kejang selama 15 detik berikutnya dengan memakai pakaian minim atau kostum aneh.

Video pertama di Youtube yang mengawali fenomena ini adalah video di mana orang-orang memakai topeng dan pakaian lateks. Salah satunya menggunakan kostum Power Ranger. Video ini diupload di Youtube pada 30 Januari 2013.

Namun, gerakan tari ini baru menjadi booming setelah seorang pengguna Youtube, TheSunnyCoastSkate mengupload sebuah video di mana semua orang di sekitarnya terlihat sibuk dengan urusannya sendiri. Sementara dia menari mengikuti irama musik Harlem Shake dengan memakai sebuah helm. Lalu, saat lirik lagu dimulai, semua orang dalam video itu mulai menari.


1 komentar:

Posting Komentar