Laman

Please Select The Desired Language

English French German Spain Italian Dutch Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

27 Jan 2012

Batu Besar


Suatu hari seorang dosen yang sedang menyampaikan tentang manajemen waktu berbicara di depan sekumpulan mahasiswa pintar dan berprestasi. Ia berkata, “Oke, saatnya kuis.” Ia kemudian membawa sebuah galon air, sebuah guci besar dan menatanya di atas meja. Ia melanjutkan dengan membawa satu lusin batu berukuran kepalan tangan dan dengan hati-hati memasukkannya satu per satu ke dalam guci tersebut. Saat guci tersebut terisi sampai penuh dan tidak ada lagi batu lagi yang muat ia bertanya, “Apakah guci ini sudah penuh?” Setiap orang di kelas berkata, “Ya.” Kemudian ia berkata, “Benarkah?” Ia menunduk dan mengambil satu ember kerikil. Kemudian ia menumpahkan beberapa kerikil ke guci tersebut dan mengguncang-guncangkannya,  itu menyebabkan kerikil berhasil menempati ruang-ruang kosong di antara batu-batu tersebut. Iapun tersenyum dan bertanya sekali lagi, “Apakah guci ini sudah penuh?”

“Mungkin belum pak,” jawab salah satu mahasiswa. “Analisis yang bagus!” sahut dosen itu. Lalu ia menunduk lagi dan mengambil satu ember pasir dan kemudian menumpahkan pasir itu untuk mengisi ruang kosong di antara batu dan kerikil. Sekali lagi ia bertanya, “Apakah guci ini sudah penuh?” “Belum!” Kelas itu serentak menjawab. Sekali lagi ia berkata, “Bagus!” Kemudian ia mengambil satu kendi berisi air dan mulai menuangkannya ke dalam guci sampai meluap. Ia memandang kepada para mahasiswa dan bertanya, “Apa poin dari ilustrasi ini?”

Seorang mahasiswa dengan semangat mengacungkan jari dan berkata, “Poinnya adalah, tidak peduli seberapa penuh jadwalmu, jika kamu berusaha dengan keras, kamu akan selalu bisa memasukkan beberapa kegiatan lain ke dalamnya!” “Bukan,” pembicara itu menjawab, “Bukan itu poinnya. Yang sebenarnya diajarkan ilustrasi ini adalah, Jika kamu tidak memasukkan batu besar pertama kali, kamu tidak akan pernah bisa memasukkan semuanya.”

Apa batu besar dalam hidupmu? Sebuah proyek yang ingin kamu selesaikan? Waktu untuk bersama orang yang kamu cintai? Sebuah tugas berat? Sebuah pekerjaan yang sulit? Ingatlah untuk memasukkan batu-batu besar ini pertama kali, atau kamu tidak akan pernah bisa memasukkan semuanya.

0 komentar:

Posting Komentar