Laman

Please Select The Desired Language

English French German Spain Italian Dutch Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

25 Jul 2013

Galaksi Andromeda


Galaksi Andromeda adalah galaksi terdekat dari galaksi kita (galaksi bimasakti/milky way). Galaksi ini biasa di sebut dengan M31, NGC 224, atau Messier 31. Galaksi ini dapat di lihat dengan mata telanjang dengan syata langit bersih dan lingkungan yang mendukung (gelap gulita), letaknya sekitar 41 derajat di utara, jika dengan mata telanjang, kita hanya akan melihatnya sebagai kabut merah kecil, namun jika menggunakan teropong kita dapat melihat beberapa bintang di tepinya. Galaksi ini berbentuk spiral, terdiri dari sekitar 1 triliun bintang.

Awal penemun galaksi ini bermula ketika astronom berkebangsaan Persia bernama Abd al-Rahman al-Sufi menulis tentang rantai konstelasi pada bukunya yang berjudul Book of Fixed Stars yang menyebutkan tentang kabut kecil. Astronom Willian Herschel yang juga merupakan penemu planet Uranus mencatat rona kemerahan di inti M31 merupakan "great nebulae" terdekat, dan berdasarkan warna dan besarnya nebula, dia salah beranggapan bahwa jarak nebula itu tidak lebih dari 2000 kali jarak sirius (bintang pada konstelasi Canis Major).

Foto M31 pertama kali di ambil pada tahun 1887 oleh Isaac Roberts dari observatorium pribadinya di Sussex, Inggris. Namun , pada saat itu, objek itu masih di anggap sebagai nebula besar daripada sebuah galaksi.

Kemudian pada tahun 1917, seorang astronom Amerika, Heber Curtis, mengamati nova pada M31. Curtis menyadari bahwa nova ini 10 magnitudo lebih redup dari pada objek lain di langit. Sebagai hasilnya, dia kemudian beranggapan bahwa jarak M31 adalah sekitar 500.000 tahun cahaya (3.2×1010 AU). Curtis kemudian menjadi pendukung dari teori tentang "Island Universes" yang menyatakan bahwa nebula spiral itu merupaka sebuha galaksi independen.

Berdasarkan data yang di lansir oleh sekelompok astronom pada tahun 2010, menyatakan bahwa M31 terbentuk dari gabungn dua galaksi yang lebih kecil pada 5 hingga 9 milyar tahun yang lalu.
Sebuah tulisan yang di publikasikan pada tahun 2012 silam menyatakan bahwa Andromeda telah lahir sejaak 10 milyar tahun yang lalu dari gabungan protogalaksi yang lebih kecil mengarah kepada galaksi yang lebih kecil dari yang kita lihat sekarang.

Tingkat supernova galaksi Bimasakti dua kali lebih besar dari Andromeda itu sendiri. Hal ini menunjukkan bahwa M31 pernah mengalami fase pembentukan bintang yang besar, tetapi sekarang dalam keadaan relatif tenang, sedangkan Bima Sakti mengalami pembentukan bintang lebih aktif. Jika hal ini terus berlanjut, luminositas di Bimasakti dapat menyusul M31.


Seperti Milky Way, Andromeda juga memiliki satelit galaksi yang terdiri dari 14 galaksi kerdil. Galaksi kecil yang paling di kenal dan mudah di amati adalah M32 dan M110. Berdasarkan pada bukti saat ini, tampak bahwa M32 pernah mengalami pendekatan dengan M31 di masa lalu. Pada tahun 2006, di temukan bahwa sembilan galaksi terletak di sepanjang garis yang memotong inti galaksi Andromeda, bukannya tersusun secara acak seperti halnya galaksi independen.

Galaksi Andromeda mendekali Milky Way pada kecepatan sekitar 100-140km/detik, yang kira kira jika di hitung sekitar 1,96milyar-2,74milyar mil pertahun.