Laman

Please Select The Desired Language

English French German Spain Italian Dutch Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

24 Feb 2014

Phobia- Phobia yang Tidak Biasa


1. Telephobia
Telepon fobia (telephonophobia, telephobia) adalah keenggananatau takut membuat atau menerima panggilan telepon, secara harfiah, "takut telepon" . Telephobia juga dianggap sebagai jenis Fobia Sosial atau masalah kecemasan sosial.

Penderita biasanya melaporkan rasa takut bahwa mereka akan gagal untuk merespon dengan tepat dalam percakapan telepon, dan takut menemukan apa-apa, yang akan berakhir dalam keheningan memalukan, atau gagap.

2. Phobophobia


Menurut wiki, Phobophobia adalah takut terhadap ketakutan itu sendiri, atau Takut terhadap Takut (Ketakutan). Kedengarannya agak aneh dan susah untuk dicerna bagaimana mendefinisikan Phobophobia secara detail.

3. Hexakosioihexekontahexaphobia


Hexakosioihexekontahexaphobia (harafiah "ketakutan terhadap angka 666) adalah ketakutan yang berasal dari Kitab Wahyu 13:18 yang mengindikasikan bahwa angka 666 adalah Angka Setan. Di luar konsep kekristenan, angka 666 juga dipakai di film-film horor. Penderita Hexakosioihexekontahexaphobia selalu menghindari penggunaan angka 666. Contohnya, Ronald Reagan dan Nancy Reagan pada tahun 1989 akan pindah ke Bel-Air di kota Los Angeles. Mereka mendapat rumah dengan alamat St. Cloud Road nomor 666. Akhirnya mereka memutuskan untuk pindah dari rumah tersebut ke St. Cloud Road nomor 668.

4. Heliophobia


Fobia ini agak aneh, di mana seseorang yang memiliki heliophobia akan takut terpapar sinar matahari. Sehingga dirinya akan menghindari tempat-tempat yang membuatnya terpapar sinar matahari dalam waktu yang lebih lama.

Orang dengan heliophobia mungkin akan menghindari bepergian ke tampat-tempat yang waktu siang harinya lebih lama daripada mlam hari. Seperti kota Yuma di Arizona, yang mendapatkan penyinaran matahari rata-rata sekitar 11 jam dalam setahun.

5. Chorophobia


Menari atau berjoget pastinya menjadi hal yang seru dan menyenangkan. Tapi ternyata hal ini tidak dirasakan oleh para penderita Chorophobia atau takut menari. 

Hal ini bisa terjadi pada remaja yang pergi ke acara pernikahan dengan ayah mereka. Bangkitnya rutinitas flashmob yang terinspirasi dari Youtube dan terjadi di pusat-pusat perbelanjaan dan stasiun kereta api meningkatkan tingkat kejadian.

6. Anthophobia


Anthophobia adalah perasaan takut seseorang yang berlebihan dan tidak rasional terhadap bunga, walaupun bunga itu sendiri tidak membahayakan sekalipun. Phobia terhadap bunga ini biasanya diawali dengan suatu peristiwa di masa lalu yang berkaitan dengan bunga ataupun karena melihat seseorang mempunyai pengalaman buruk dengan bunga , lingkunan sekitar juga bisa mempengaruhi terjadinya Anthophobia .

Anxietas muncul ketika melihat atau memegang bunga yang ditandai dengan mual, jantung berdebar , gejala pusing , gemetar , sesak napas, berkeringat berlebihan. Fobia ini dapat ditangani dengan obat penenang, Hipnotis, Konseling , Contoh orang yang mengidap Anthophobia adalah Ratu Elizabeth dari Britania Raya yang takut dengan bunga Mawar

7. Ablutophobia


Ablutophobia adalah phobia yang penderitanya Takut mencuci atau mandi.
8. Spectrophobia


Spectrophobia adalah fobia atau takut melihat diri sendiri di cermin.

9. Limnophobia


Limnophobia adalah ketakutan yang berlebihan jika dirinya harus harus berada dekat dengan danau, kolam, laut atau sumber air yang besar. Orang dengan limnophobia akan menghindari tempat-tempat tersebut dan sangat anti bepergian dengan menggunakan kapal.

10. Cryophobia

Orang yang takut berlebihan untuk bepergian ke tempat-tempat bersuhu dingin yang ekstrem, mungkin memiliki fobia tertentu yaitu cryophobia. Beberapa tempat di dunia memiliki suhu di bawah -40 derajat Celcius yang membuat lingkungan di sekitarnya menjadi beku seperti es.

Beberapa tempat dengan suhu terdingin misalnya Umiat di Alaska, International Fall di Minnesota, Yakutsk di Siberia, dan beberapa tempat lainnya. Orang dengan cryophobia biasanya akan menghindari bepergian ke tempat-tempat ini.

11. Hodophobia


Fobia ini dapat terjadi karena rasa khawatir yang berlebihan dan tidak percaya kepada orang lain yang mengemudi kendaraan darat. Orang yang memiliki fobia melakukan perjalanan darat dengan kendaraan yang dikemudikan orang lain, dikenal dengan hodophobia.

Orang dengan hodophobia lebih memilih mengemudikan kendaraan sendiri, karena hal ini dapat membantunya mengendalikan diri dari rasa takut dan dapat bersantai sepanjang perjalanan.

12. Macrophobia


Semua orang tidak suka menunggu, tetapi ada beberapa orang yang memiliki ketakutan luar biasa saat menunggu. Beberapa tempat tujuan wisata yang dipadati oleh pengunjung di hari libur, mungkin memaksa Anda untuk menunggu antrean masuk atau antrian menggunakan wahana permainan.

Membayangkan akan menunggu dalam waktu yang lama saja dapat membuat orang dengan macrophobia merasa panik hingga muntah, bahkan jauh sebelum dirinya benar-benar menunggu.

19 komentar:

Posting Komentar