Laman

Please Select The Desired Language

English French German Spain Italian Dutch Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

23 Des 2011

Buah Durian dan Manfaatnya untuk Kesehatan


Musim hujan selalu bersamaan dengan musim buah, apa lagi di Indonesia berbagai buah khas mulai bermunculan seperti buah rambutan, langsat, durian dan lain sebagaianya. Khusus buah durian, di Indonesia merupakan salah satu buah yang cukup digemari, tapi apakah buah durian itu baik untuk kesehatan? 

Buah durian memang banyak disukai oleh masyarakat pada umumnya. Durian merupakan tanaman buah berupa pohon. Sebuah durian diduga berasal dari istilah Melayu, yaitu dari kata duri yang diberi akhiran -an. Kata ini terutama dipergunakan untuk menyebut buah yang kulitnya berduri tajam. Tanaman durian sendiri berasal dari hutan Malaysia, Sumatra, dan Kalimantan yang merupakan tanaman liar. Penyebaran durian ke arah barat adalah ke Thailand, Birma, India, dan Pakistan. Di Asia, buah ini sudah dikenal sejak abad 7 M. Berdasarkan catatan sejarah, nama lain durian adalah Duren (Jawa, Gayo), Duriang (Manado), Dulian (Toraja), dan Rulen (Seram Timur). Jadi kita harus melestarikan budidaya tanaman durian, lebih-lebih mengetahui lebih jelas khasiat dan kegunaan buah durian. akan mengulas informasi seputar khasiat dan kegunaan buah durian sebagai berikut.
  • Ekstra kulit dan buah durian, dapat digunakan sebagai obat penyakit kulit dan bengkak. 
  • Dapat menurunkan kolesterol darah. 
  • Kandungan buah durian dapat membersihkan darah. 
  • Sebagai obat herbal mengurai kegelisahan, depresi dan insomnia
  • Menambah kadar serotonim otak. 
  • Sebagai sumber lemak mentah 
Buah durian memiliki manfaat mineral alamiah yang mudah dicerna oleh tubuh kita. Durian juga mengandung fosfor dan zat besi yang 10 kali lebih banyak dari buah pisang. Tapi karena kandungan mineralnya yang tinggi, terutama kalsium dan zat besi, durian dapat menjadi penyebab masalah pada pergerakan usus besar. Bagi yang memiliki riwayat darah tinggi, disarankan untuk tidak mengkonsumsi buah ini bersama dengan alkohol karena dapat menyebabkan stroke. Selain itu, disarankan untuk banyak minum air putih sebelum dan sesudah makan durian untuk menghindari dehidrasi. 

Itulah sebagian manfaat dari buah durian dan masih banyak lagi manfaat yang lainnya, tapi harus di ingat menkonsumsi buah ini jangan sampai berlebihan dan buah ini sangat tidak dianjurkan dikonsumsi oleh penderita hipertensi dan juga bagi para wanita yang sedang mengandung, soo mesti bijaksanaya menkonsumsinya.

1 komentar:

Posting Komentar