Laman

Please Select The Desired Language

English French German Spain Italian Dutch Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

31 Des 2011

Fenomena Bulan Raksasa

Sumber Gambar : www.zurmat.com

Supermoon merupakan penampakan bulan yang ukurannya beberapa kali lebih besar dari ukuran yang umumnya kita saksikan. Penampakan bulan seperti ini sudah beberapa kali terjadi, seperti yang pernah tercatat dalam sejarah yaitu pada tahun 1955, 1974, 1992 dan 2005 dan yang terakhir pada tahun 2011. 

Penempaka Bulan dengan ukuran yang lebih besar (Supermoon) terjadi karena posisi bulan berada pada titik terdekatnya dengan bumi. Hal ini berkaitan dengan hukum keppler yang mengatakan bahwa lintasan benda langit berbentuk elips, sehingga pada suatu waktu sebuah benda langit yang mengorbit terhadap pusatnya akan berada pada titik terdekatnya, di mana seperti yang kita ketahui bahwa bulan mengorbit dengan pusatnya adalah Bumi sehingga titik terdekat bulan disebut perigee. Sementara titik terjauh bulan dengan bumi disebut apogee. 
Orbit Bulan

Dampak yang dapat terasa langsung dari peristiwa seupermoon mungkin hanyalah naiknya permukaan air laut atau pasang naik air laut. Hal ini dapat terjadi karena adanya pengaruh gaya gravitasi bulan.

2 komentar:

  • radit says:
    13 Maret 2012 pukul 23.31

    perbanyak ilmu slama kmu bernafas n bisa menghirup udara

  • radit says:
    13 Maret 2012 pukul 23.35

    majukan pengetauan anda untuk masa dpan yg lebih canggih n moderen

Posting Komentar