Laman

Please Select The Desired Language

English French German Spain Italian Dutch Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

24 Des 2011

Kependudukan Kecamatan Kenohan

Penduduk Kecamatan Kenohan pada tahun 2010 tercatat sebanyak 11.794 jiwa yang terdiri atas 6.189 jiwa laki – laki dan 5.605 jiwa perempuan yang tersebar di 8 desa. Data jumlah penduduk ini diperoleh dari administrasi yang ada di desa-desa. Persebaran penduduk tidak merata dari satu desa ke desa lain. Penduduk yang terbanyak terdapat di Desa Kahala yaitu 2.741 jiwa, dan yang paling sedikit adalah Desa Lamin Pulut dengan penduduk sebanyak 342 jiwa. 

Secara keseluruhan, rata-rata kepadatan penduduk di kecamatan Kenohan sekitar 9 jiwa per kilometer persegi atau 3 rumah tangga per kilometer persegi. Desa yang paling padat penduduknya adalah Tuana Tuha yaitu 14 jiwa per kilometer persegi. Sedangkan yang penduduknya paling jarang adalah desa Lamin Pulut yaitu 3 jiwa per kilometer persegi. Perlu ditegaskan, bahwa desa dengan jumlah penduduk terkecil belum tentu memiliki kepadatan penduduk yang kecil pula, tetapi dilihat dulu luas wilayahnya. 

Desa Semayang
Komposisi penduduk di Kecamatan Kenohan ternyata lebih banyak laki-laki daripada perempuan. Hal ini bisa dilihat dari rasio jenis kelamin yang melebihi 100, yaitu 110,42. Angka ini berarti dalam setiap 100 orang penduduk perempuan terdapat sekitar 110 penduduk laki–laki. Sedangkan komposisi penduduk dilihat dari sisi suku bangsa dan etnis penduduknya, penduduk Kecamatan Kenohan lebih didominasi oleh suku Kutai dimana penyebarannya terdapat di 5 desa, Yakni desa Semayang, Tubuhan, Teluk Muda, Tuana Tuha, dan Kahala. Selain suku Kutai terdapat juga penduduk bersuku Dayak Tunjung yang penyebaran mayoritasnya berada ditiga desa, yaitu Teluk Bingkai, Lamin Pulut, dan Lamin Telihan. Selain kedua suku tersebut terdapat juga suku-suku dengan kelompok kecil, seperti Jawa, Banjar dan etnis kecil lainnya. 

Banyaknya kelahiran di Kecamatan Kenohan selama tahun 2010 yang tercatat sebanyak 30 jiwa yang terdiri atas 13 bayi laki-laki dan 17 bayi perempuan. Untuk jumlah kematian, yang tercatat sebanyak 44 orang yang terdiri atas 23 laki–laki dan 21 perempuan. Banyaknya pendatang dari luar daerah yang masuk ke Kecamatan Kenohan tercatat 112 orang selamatahun 2010 yang terdiri atas 68 laki–laki dan 34 perempuan. Sedangkan penduduk Kenohan yang pergi ke luar daerah tercatat 16 orang dengan rincian 12 laki-laki dan 4 perempuan.

0 komentar:

Posting Komentar