Laman

Please Select The Desired Language

English French German Spain Italian Dutch Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

20 Feb 2012

Lima Prilaku yang Dapat Cegah Kanker Payudara


Masalah kanker payudara pada wanita diusia muda, meiliki sisi positif dan negatif. Sisi positifnya, risiko terserang lebih kecil dibandingkan wanita yang telah berumur. Sedangkan sisi negatifnya, jika terserang pertumbuhan sel kanker akan lebih agresif.

Hal itu di ungkapkan Debra Mangino, MD, dari Memorial Sloan-Kettering Cancer Center di New York, Amerika Serikat. Gaya hidup teratur dan sehat sejak usia muda menjadi penting untuk mengurangi risiko kanker payudara. Berikut lima cara agar payudara tetap sehat dan terhindar dari kanker, seperti dikutip dari (Womens Health).

1. Menjaga berat badan
Berat badan yang berlebihan dapat meningkatkan risiko timbulnya penyakit termasuk kanker. Jadi selalu jaga berat badan Anda jangan sampai berlebihan. Selalu pertahankan dalam angka yang normal.

2. Menghindari alkohol
Penelitian menunjukkan dua gelas alkohol per hari meningkatkan risiko kanker payudara sebesar 21 persen. Jika memang Anda ingin mengonsumsi minuman berlakohol pilih saja wine. Kandungan resveratrol pada kulit anggur, bisa mengurangi level estrogen dan mengurangi risiko kanker.

3. Mengkonsumsi sayuran hijau
Perbanyak konsumsi sayuran hijau seperti brokoli atau daun selada. Kandungan sulforaphanenya bisa melawan sel kanker. Akan lebih baik jika Anda memakannya mentah atau minim proses, asal melalui pencucian yang bersih.

4. Mengetahui riwayat kesehatan keluarga
Sekitar 15 persen kasus kanker payudara berhubungan dengan riwayat keluarga. Jika Anda memiliki saudara dekat yang terkena kanker, maka risiko semakin tinggi. Untuk itu lakukan general check-up secara teratur.

5. Memeriksa payudara sendiri
Sebelum mandi, periksalah payudara di depan cermin. Jika ada benjolan, nyeri, atau bentuk mencurigakan segera konsultasi ke dokter. Jangan menganggap kelaianan di payudara hal sepele, karena bisa berakibat fatal.

Sumber: VIVAnews.com

2 komentar:

  • Ve says:
    28 Februari 2013 23.15

    ayo kita cegah kanker payudara sejak dini

  • Obat pelangsing Tradisional says:
    30 April 2016 00.55

    ya benar banget, yuk kita cegah kanker payudara sejak dini..

Posting Komentar