Laman

Please Select The Desired Language

English French German Spain Italian Dutch Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

18 Des 2011

Profil Wilayah Kecamatan Kenohan Kab. Kukar Kaltim

Kator Kecamatan Kenohan
di Desa Kahala
Wilayah Kecamatan Kenohan secara geografis terletak di daerah khatulistiwa dan berada pada posisi antara 0º 11’– 0º 12’ LU dan 115º57’– 116º33’ BT dengan luas wilayah 1.302,20 km2 yang terdiri dari 8 desa yaitu: Semayang, Tubuhan, Teluk Muda, Tuana Tuha, Kahala, Teluk Bingkai, Lamin Pulut, dan Lamin Telihan. Sedangkan letak Kantor Kecamatan Kenohan berada di Desa Kahala. Desa terjauh dari ibu kota kecamatan adalah desa Lamin Telihan dengan jarak 39,0 Km. 

Kecamatan Kenohan memiliki curah hujan rata-rata 220,67 mm per bulan atau 10,08 per harinya. Seluruh desa yang ada di kecamatan Kenohan pada umumnya berada di sekitar bantaran sungai. Secara administratif batas wilayahnya adalah sebagai berikut:

Sebelah Utara              : Kec. Kembang Janggut
Sebelah Timur             : Kec. Muara Kaman
Sebelah Selatan           : Kec. Kota Bangun
Sebelah Barat              : Kabupaten Kutai Barat


Kecamatan Kenohan dilaui oleh satu sungai besar yaitu sungai Belayan yang memanjang dari desa Lamin Telihan di hulu sungai sampai dengan desa Semayang yang paling hilir dengan lebar sungai antara 15-150 m dengan kedalaman 3-10 m. Dari sungai besar terdapat satu anak sungai yaitu sungai Kahala dengan kisaran kedalaman 3-4 m dan lebar 2-6 m. Di samping itu juga terdapat beberapa danau besar dan kecil yaitu danau Semayang dengan luas 2.593 Ha, danau Penrabok dengan luas 973 Ha, dan danau Berambai dengan luas 1.322 Ha. Di Kecamatan Kenohan pada umumnya transportasi masih menggunakan jalur sungai.

Peta Kabupaten Kutai Kartanegara

0 komentar:

Posting Komentar