Laman

Please Select The Desired Language

English French German Spain Italian Dutch Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

24 Des 2011

Sumberdaya Pertanian, Perkebunan dan peternakan di Kecamatan Kenohan



A. Pertanian Tanaman Pangan

Pertanian tanaman pangan merupkan salah satu sub sektor dari sektor pertanian. Sub sektor pertanian tanaman pangan mencakup tanaman padi (padi sawah dan padi ladang), palawija (jagung, ubi kayu, ubi jalar, kacang tanah, kedele dan kacang hijau) serta hortikultura (buah–buahan dan sayur-sayuran). 

Di kecamatan Kenohan, petani yang ada merupakan peladang berpindah, yang pada umumnya mengusahakan padi ladang sehingga tidak semua desa mempunyai potensi padi sawah. Desa-desa yang memiliki potensi mengusahakan padi sawah di antaranya adalah Teluk Muda, Tuana Tuha dan Kahala, sedangkan padi ladang hamper semua desa mengusahakan tanama ini, terkecuali desa Semayang dan desa Tubuhan karena sumber usaha masyarakat dikedua desa tersebut bergerak pada sektor perikanan. 

Untuk tanaman palawija, yang banyak diusahakan adalah ubi kayu, ubi jalar, jagung, dan kacang tanah. Untuk tanaman sayuran, yang paling banyak diusahakan adalah sawi, kacang panjang, kangkung, bayam, terong, ketimun, cabe, labu siam, dan buncis. Sedangkan untuk buah-buahan yang paling banyak produksinya adalah Mangga, Pisang, Langsat, dan durian. Pada umumnya tanaman palawija di kecamatan Kenohan bukan merupakan tanaman pokok, melainkan hanya ditanam disekitar perumahan atau perkarangan dan kebanyakan hannya sebagai tanaman selinagn. 

Sama halnya dengan tanaman palawija begitu juga dengan tanaman holtikultura pada umumnya diusahakan hanya sekedar untuk keperluan sendiri dan tidak diusahakan dalam jumlah besar. 

B. Perikanan

Kecamatan Kenohan merupakan wilayah yang potensi perikanan air tawanya cukup tinggi terutama di desa Semayang dan desa Tubuhan yang mayoritas masyarakatnya berusaha dibidang perikanan, baik yang menjadi nelayan di perairan umum maupun perikanan budidaya khususnya keramba. 

C. Peternakan

Ternak di Kecamatan Kenohan meliputi sapi potong, kambing, dan babi. Untuk sapi potong dan kambing, populasinya hanya terdapat di 5 desa, sedangkan 3 desa yang lain hampir tidak memilikinya. Sama halnya seperti ternak sapi potong umumnya dipelihara di 5 desa saja. Berbeda denga sapi potong dan kambing, untuk ternak babi justru lebih banyak dipelihara di 3 desa yaitu Teluk Bingkai, Lamin Pulu dan Lamin Telihan. Disektor unggas, ayam kampung, ayam potong, dan itik merupakan ternak yang cukup berpotensi di Kecamatan Kenohan, hal ini dapat dilihat dari populasinya yang berada di setiap desa. Pada tahun 

2 komentar:

  • Julaiha Rahmadani says:
    2 Maret 2012 18.36

    di desa Kahala ada tidak PT Engan perusahan kelapa sawit

  • likelihood Saya says:
    2 Maret 2012 21.33

    Setahu saya PT. Engan tidaka ada di Kahala.

Posting Komentar