Laman

Please Select The Desired Language

English French German Spain Italian Dutch Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

27 Des 2011

Wabah Tertawa Tanganyika


“Tertawalah sebelum tertawa itu dilarang”, mungkin diantara kalian masih banyak yang ingat dengan kata itu. Yup itu adalah kata yang sering muncul di dalam film-film trio Warkop tempoe doeloe. Makanya sebelum tertawa itu benar-benar dilarang jadi tertawalah, karena tahu tidak tertawa juga bisa menjadi sesuatu yang cukup berbahaya (jika berlebihan tentunya), seperti yang terjadi di tahun 1963 atau lebih dikenal dengan “Wabah Tawa Tanganyika” yang menjadi salah satu kejadian paling misterius di muka bumi. 

Ini merupakan salah satu kejadian paling aneh yang berhasil di dokumentasikan dalam penyakit psikogenik massal kini. Kejadian lengkap atas kondisi ini digambarkan dalam paper yang diterbitkan pada Central African Journal of Medicine yang diterbitkan pada 1963. Wabah ini dimulai dengan adanya becandaan antara para mahasiswa di salah satu asrama di Tanzania, dan dari hal itu, seorang remaja putri mulai tertawa tanpa kendali. Pertama hanya ada sedikit tawa, yang kemudian makin lama makin panjang, dari sekedar jam, sampai berhari-hari.

Korban wabah ini, yang hampir semuanya adalah wanita, akhirnya mengalami kesakitan, pingsan, masalah pernapasan, gatal-gatal dan bahkan menangis, yang semuanya muncul akibat tawa histeris. Bahkan wabah tawa ini menular ke orang tua para mahasiswa, juga sampai ke sekolah lain dan bahkan ke desa sekitarnya. Dibutuhkan waktu 18 bulan lamanya sebelum wabah tertawa ini berhenti total. Menarik bukan, ada yang tau mengapa hal ini bisa terjadi?...

1 komentar:

  • Mayliza says:
    5 Maret 2013 21.14

    waah... ada juga ya wabah tertawa.. :) sayangnya.. tidak ada penjelasan apa penyebab wabah tertawa tersebut..

Posting Komentar