Laman

Please Select The Desired Language

English French German Spain Italian Dutch Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

24 Jan 2012

Tips Kulit Sehat dengan Kolagen


Kolagen adalah salah satu protein yang menyusun tubuh manusia. Keberadaannya adalah kurang lebih mencapai 30% dari seluruh protein yang terdapat di tubuh. Ia merupakan struktur organik pembangun tulang, gigi, sendi, otot, dan kulit. Serat kolagen memiliki daya tahan yang kuat terhadap tekanan.

Kulit yang sehat membutuhkan peremajaan kolagen. Sayangnya, usia atau paparan sinar matahari bisa merusak serat-serat kolagen sehingga kehilangan elastisitasnya. Jadi untuk menjaga keremajaan kulit, kita perlu untuk merangsang kolegen alami tubuh, seperti dengan mengkonsumsi makanan tertentu ataupun cara lainnya yang dapat merangsang pertumbuhan kolagen. Berikut beberapa hal yang terbukti mampu merangsang kolagen alami tubuh kit.

1. Banyak konsumsi vitamin A
Menurut University of Maryland Medical Center, memperbanyak asupan vitamin A dapat merangsang kolagen alami tubuh. Vitamin A merupakan unsur yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan kulit dan selaput lendir. Makanan kaya vitamin A misalnya daging sapi, hati, telur, susu dan sayuran hijau berdaun gelap.

2. Banyak konsumsi vitamin C
Tambahkan lebih banyak vitamin C dalam menu harian Anda. Mayo Clinic menyatakan bahwa studi menunjukkan makanan yang kaya vitamin C mempromosikan kulit tampak sehat, karena vitamin C dapat meningkatkan pertumbuhan kolagen. Perbanyak makan buah-buahan, sayuran dan biji-bijian untuk meningkatkan asupan vitamin C Anda.

3. Banyak konsumsi makanan yang mengandung AHA
Alpha-Hydroxy Acid (AHA) bertanggung jawab untuk mencabut sel-sel kulit tua yang mungkin menempel pada lapisan atas kulit. Bila tidak dibersihkan, sel-sel kulit tua dapat membuat kulit tampak tua.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Departemen Dermatology di Cleveland Clinic Foundation menyimpulkan bahwa AHA membantu mengurangi munculnya keriput dan penuaan kulit.

Buah-buahan seperti jeruk, nanas, anggur dan jeruk, serta asam laktat yang ditemukan dalam susu semuanya mengandung AHA.

4. Minum banyak air putih
Air putih diperlukan untuk pertumbuhan kulit yang sehat. Setidaknya minum 8 gelas air putih setiap hari untuk mendapatkan kulit yang sehat.

5. Gunakan tabir surya
Kulit yang tidak menggunakan tabir surya akan cepat rusak terpapar sinar matahari. Kulit yang rusak tidak dapat menghasilkan kolagen, sehingga melindungi kulit dari efek berbahaya matahari akan menjaga kulit sehat dan meningkatkan pertumbuhan.

(Sumber: wikipwdia,& ricky's blog)

1 komentar:

  • Beby says:
    28 Februari 2013 23.00

    makasih atas infonya !!!

Posting Komentar