Laman

Please Select The Desired Language

English French German Spain Italian Dutch Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

20 Feb 2012

Perang-Perang Terunik dalam Sejarah Dunia


Berikut ini adalah 5 perang super unik dan aneh yang pernah terjadi dan tercatat dalam sejarah dunia.

1. The Anglo-Zanzibar War

Perang yang terjadi antara Inggris vs Zanzibar pada tanggal 27 Agustus 1896, hanya berlangsung selama 40 menit. Ini merupakan perang terpendek dalam catatan sejarah. Pemicu perang ini adalah ultimatum yang dikeluarkan Inggris tapi tidak di indahkan. Saat itu Sultan Hamid bin Thuwaini yang pro Inggris digantikan oleh Sultan Khalid bin Barghash. 

Sesuai perjanjian yang ditandatangani tahun 1886, pengganti Sultan harus berdasarkan persetujuan konsul Inggris. Namun Sultan Khalid melanggar perjanjian tersebut. Inggris pun berang, dan memberi ultimatum kepadanya untuk turun dari tahta, tapi Sultan Khalid tak maunmengindahkan. Sebaliknya, ia merespon ultimatum itu dengan mengerahkan angkatan bersenjatanya untuk membarikade istana dari serangan Inggris.

Sikap menantang Khalid tersebut membuat Inggris marah, dan menjawabnya dengan serangan di pagi hari. Inggris membombardir Istana Khalid dan menghancurkan pasukan yang membrikade istana. Setidaknya ada 500 orang korban dari pihak Khalid, sementara dipihak Inggris hanya satu prajurit angkatan laut yang terluka.

2. The Pig War


Perang ini dipicu oleh penembakan seekor babi di Kepulauan San Juan yang merupakan batas otoritas Amerika dan Inggris di daratan Amerika Utara. Perang Babi juga disebut Episode Babi atau Babi dan Perang Kentang. Yang menjadi "Korban" dalam perang ini hanya seekor babi dan dianggap sebagai perang berdarah di Amerika.

3. The 335 Years War


Perang ini merupakan konflik antara Belanda dan Kepulauan Scilly (sebuah wilayah di pantai barat daya Inggris). Tidak ada peluru yang pernah ditembakkan dalam kurun waktu 335 tahun tersebut, bahkan tidak ada korban jiwa yang pernah dilaporkan dalam perang terlama dalam sejarah ini. Secara resmi, perang ini berakhir pada tahun 1986, ketika perjanjian perdamaian ditandatangani.

4. Moldovan-Transdniestrian War


Setelah runtuhnya Uni Soviet, 2/3 Moldova ingin masuk tetangganya di sebelah barat yaitu Rumania. Sementara bagian Timur, menginginkan dekat Ukraina dan Rusia.

Perang pun meledak, hingga bagian timur membentuk Negara sendiri bernama Transdniestria, yang sampai sekarang tidak dikenal dunia. Perang ini disebut-sebut sebagai perang yang paling aneh di dunia, bahkan militer lokal menyebutnya sebagai Perang Orang Mabuk.

Bayangkan saja, para perwira kedua negara tersebut berperang mati-matian dari pagi sampai sore, namun ketika malam mereka malah bertemu dan bersenang-senang bersama sambil mabok. Demi negara mereka musuh, tapi pertemanan tetap berjalan pada malam hari. 

5. Emu War


Emu War, juga dikenal sebagai Great Emu War. Perang ini tak kalah anehnya dengan perang yang lain, hanya saja yang menjadi lawan Australia dalam perang ini adalah kawanan burung. Peristiwa ini terjadi tahun 1932 di Australia Barat Dalam perang ini, para pasukan Australia menggunakan senapan mesin jenis lewis dan menghabiskan sekita 10.000 selongsongan peluru. Namun hasilnya tampak sia-sia karena, sebagian besar burung-burung yang menjadi musuh berhasil melarikan diri dengan kecepatan sekitar 50 km/jam.

Mayor Meredith, sang komandan tercengang dengan hasil yang tidak diharapkan itu. Hingga Menteri Pertahanan Australia memerintahkan pasukan untuk mundur dan menghentikan serangan. Emu War pun berakhir dengan kekalahan dipihak Australia.

Catatan: Dalam pristiwa ini diperkirakan ada sekitar 20.000 burung yang berhasil dibunuh.

Sumber: www.mostinterestingfacts.com

1 komentar:

  • Wawan says:
    1 Maret 2013 00.07

    Perang yang sangat unik

Posting Komentar