Laman

Please Select The Desired Language

English French German Spain Italian Dutch Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

5 Feb 2012

Si Burung Cinta yang Mempesona | Lovebird


Lovebird, atau burung cinta adalah salah satu burung dari sembilan jenis spesies genus Agapornis (dari bahasa Yunani "agape" yang berarti "cinta" dan "ornis" yang bearti "burung").  Lovebird adalah burung yang berukuran kecil, antara 13 sampai 17 cm dengan berat 40 hingga 60 gram, dan bersifat sosial. Delapan dari spesies ini berasal dari Afrika, sementara spesies "burung cinta kepala abu-abu" berasal dari Madagaskar. Nama mereka berasal dari kelakuan yang umum diamati bahwa sepasang burung cinta akan duduk berdekatan dan saling menyayangi satu sama lain. Sifat pasangan burung cinta adalah monogami di alam bebas.

Jenis burung Lovebird:

1. Black-Masked Lovebird

Berkas:Masked Lovebird (Agapornis personata) pet on cage.png

Black-Masked Lovebird (Agapornis personata), Jenis ini memiliki tinggi 14 cm. Sebagian besar tubuhnya berwarna hijau, kepala hitam, bulu dada kuning, paruh merah, dan berkacamata putih. Jenis ini berasal dari Tanzania, Burundi dan Kenya.

2. Fischer's Lovebird

Berkas:Pap Pfirsichköpfchen Agapornis fischeri 070608 1.jpg

Fischer's Lovebird (Agapornis fischeri). Memiliki tinggi 14 cm. Sebagian besar bagian tubuhnya berwarna hijau, kepala dan bagian tubuh atas oranye, bagian pantat biru, paruh merah, mata berkacamata putih. Jenis ini berasal dari bagian selatan Danau Victoria di Tanzania utara.

3. Lilian's Lovebird atau Nyasa Lovebird

Berkas:Agapornis lilianae 2c.jpg

Lilian's Lovebird Nyasa Lovebird, (Agapornis lilianae). Memiliki tinggi 13 cm. Sebagian besar tubuhnya berwarna hijau, termasuk punggung dan pantat, kepala oranye, paruh merah, mata berkacamata putih. Jenis ini berasal dari Malawi.

4.  Black-cheeked Lovebird 

Berkas:Agapornis nigrigenis -Valls Zoo -Spain-4a-4c.jpg

Black-cheeked Lovebird, (Agapornis nigrigenis). Dengan tinggi 14 cm. Sebagian besar tubuhnya berwarna hijau, leher dan bagian belakang kepala coklat, bagian depan kepala coklat kemerahan, bagian dada atas oranye, paruh merah, mata berkacamata putih. dan berasal dari Zambia

5. Peach-faced Lovebird 

Berkas:Agapornis roseicollis -Peach-faced Lovebird pet on perch.jpg

Peach-faced Lovebird (Agapornis roseicollis). Tinggi 15 cm. Sebagian besar berwarna hijau, muka merah muda, bagian punggung bawah dan pantat berwarna biru, paruh berwarna gading. Jenis ini berasal dari Namibia, Africa Selatan, Angola

6.  Black-winged Lovebird atau Abyssinian Lovebird 

Berkas:Agapornis taranta (female and male).jpg

Black-winged Lovebird Abyssinian Lovebird (Agapornis taranta). Tinggi 16.5 cm. Sebagian besar warna hijau, paruh merah, beberapa helai sayap hitam. Burung jantan mempunyai warna merah di bagian kepala depan dan atas. Burung betina seluruhnya hijau. Berasal dari Eritrea selatan sampai Ethiopia selatan.

7.  Red-faced Lovebird 

Berkas:Agapornis pullarius.jpg

Red-faced Lovebird, (Agapornis pullarius). Tinggi jenis ini 15 cm. Sebagian besar hijau dengan merah di leher bagian atas dan kepala. Burung jantan mempunyai warna merah lebih banyak dan lebih gelap pada muka dan kepala. Juga burung jantan mempunyai paruh yang lebih gelap dari burung betina. Berasal dari daerah Afrika tengah.

8. Grey-headed Lovebird atau Madagascar Lovebird 

Berkas:Grey-headed Lovebird.jpg

Grey-headed Lovebird or Madagascar Lovebird, (Agapornis canus). Tinggi 13 cm. Sebagian besar tubuhnya memiliki warna hijau dengan hijau gelap di punggung. Warna paruh kelabu muda. Burung jantan berwarna abu-abu di bagian tubuh atas, leher dan kepala. Berasal dari Madagaskar

9. Black-collared Lovebird atau Swindern's Lovebird 

Berkas:Stavenn Agapornis swindernianus 00.jpg

Black-collared Lovebird atau Swindern's Lovebird, (Agapornis swindernianus). Tinggi 13.5 cm. Sebagian besar tubuhnya berwarna hijau, leher coklat dengan warna hitam di bagian belakang leher, paruh berwarna abu-abu tua atau hitam. Jenis ini berasal dari bagian khatulistiwa Afrika.

Sumber: wikipedia

1 komentar:

Posting Komentar