Laman

Please Select The Desired Language

English French German Spain Italian Dutch Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

19 Jan 2012

Makan Makan Panas Dapat Sebabkan Kanker


Kebiasaan makan terlalu panas bisa menjadi penyebab penyakit kanker pankreas. Kebiasaan orang Jepang yang suka nyantap makanan panas membuktikan hal itu.

Demikian dikatakan oleh Prof dr Soebowo, SpPA(K) dalam pertemuan Paguyuban Wredatama (PW) Undip, Kamis (11/1), di gedung Prof Ir R Soenardi, Jl Hayam wuruk.

Dalam topik Deteksi Dini Penyakit Degeneratif pada Lansia, guru besar FK Undip itu menambahkan perbagai faktor berpengaruh dalam kesehatan lanjut usia (lansia) antara lain lingkungan, perilaku hidup, virus, dan radiasi.

Hakikatnya, lansia adalah orang yang setengah sehat setengah sakit, karena sel tubuh yang sudah menurun. Karena itu pelbagai usaha untuk tetap menjadi sehat diperlukan.

Pada lansia ada jaringan sel yang membesar, ada juga jaringan yang tumbuh dan berkembang. Pembengkakan tidak normal, disebut tumor. Tumor jinak biasanya pertumbuhannya memakan waktu 1 - 15 tahun, sementara ganas 1 - 5 tahun.

"Yang tahu tetang keadaan diri kita ya kita sendiri, karenanya perlu waspada setiap terjadi hal-hal yang tidak biasa," tegasnya.

Kebiasaan menahan kencing, tambahnya, juga perlu dihilangkan agar terhindar dari infeksi, mengingat kulit kandung kemih sudah menipis. Tiga penyebab penyakit yang menyerang lansia adalah infeksi (masuknya kuman-red), tumor dan penyakit congenital atau bawaan.

Karenanya lansia perlu waspada pada tujuh hal, yaitu gangguan saat buang air besar atau kecil, alat pencernaan terganggu dan susah menelan, suara serak dan batuk tidak sembuh-sembu, adanya benjolan di payudara atau di tempat lain. Kemudian tahi lalat yang berubah sifat, gatal dan membesar, darah dan lendir yang abnormal keluar dari tubuh, serta koreng atau borok yang awet.


3 komentar:

Posting Komentar