Laman

Please Select The Desired Language

English French German Spain Italian Dutch Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

10 Feb 2012

Penemuan Crustacea Raksasa di Slandia Baru


Sebuah crustacea besar atau sejenis udang raksasa telah ditemukan bersembunyi di kedalaman 7 kilometer di palung Kermadec, perairan Selandia Baru. 


Hewan ini disebut sebagai supergiant dan merupakan jenis dari amphipod yang biasanya memiliki panjang sekira 2 hingga 3 sentimeter. Tapi kali ini amphipod yang ditemukan memiliki ukuran hampir lebih dari 10 kali lipat dibandingkan ukuran biasa, yakni 34 sentimeter.

Dilansir BBC, Minggu (5/2/2012), Alan Jamieson dari Laboratorium Kelautan University of Aberdeen mengatakan, "Ini seperti menemukan kecoa berkaki panjang. Aku berhenti dan berpikir:'Apa yang ada di bumi ini? Amphipod ini jauh lebih besar dari yang pernah saya pikirkan."

Berkat perangkap logam besar, yang telah dilengkapi kamera berlapis kaca safir untuk tetap aman dari tekanan tinggi pada laut dalam akhirnya hewan tersebut berhasil ditemukan. Tujuh spesimen berhasil terjebak di dalam perangkap, sedangkan sembilan lainnya hanya gambarnya saja yang berhasil tertangkap kamera oleh tim dari University of Aberdeen, Skotlandia dan National Institute of Water and Atmospheric Research (NIWA), Selandia baru.

Kemudian spesimen terbesar dibawa kembali ke kapal dan ketika diukur memiliki panjang 28 sentimeter, sedangkan ketika terlihat dikamera memiliki panjang 34 sentimeter. Super giant amphipod serupa sebelumnya juga telah ditemukan di lepas pantai Hawai pada 1980.

Sumber: Okezone

2 komentar:

  • Deni says:
    28 Februari 2013 20.14

    Penemuan yang sangat menarik untuk dipublikasikan.

  • Obat Penurun Kolesterol says:
    2 Mei 2016 21.42

    gede banget hewan crutacea itu ih,jadi serem melihatnya..

Posting Komentar