Laman

Please Select The Desired Language

English French German Spain Italian Dutch Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

8 Mei 2012

Bosan


Pada awalnya manusialah yang menciptakan kebiasaan. Namun lama kelamaan, kebiasaanlah yang menentukan tingkah laku manusia.

Dikisahkan ada seorang pemuda yang hidupnya amat miskin, namun rajin membaca. Suatu hari secara tak sengaja ia membaca sebuah buku kuno. Buku itu mengatakan bahwa di sebuah pantai tertentu ada sebuah batu yang hidup, yang bisa mengubah benda apa saja menjadi emas. Batu itu memiliki ciri yang hangat jika digenggam sama halnya ketika menyentuk manusia. Setelah mempelajari dan memahami seluk-beluknya, ia pun memutuskan untuk berangkat menuju pantai yang dimaksud buku kuno tersebut.

Setiap hari pemuda itu memungut batu, merasakan suhu batu tersebut lalu membuangnya ke laut setelah tahu kalau batu itu tidak seperti yang tertulis dalam buku kuno. Satu, dua batu dipungutnya dan dilemparkannya ke laut. Tanpa ia sadari, kini telah setahun ia berada di pantai itu untuk memeriksa setiap batu yang ia temukan. Bahkan menggenggam dan membuang batu telah menjadi kebiasaannya. 

Hingga suatu ketika secara tak sadar, batu yang dicarinya tergenggam dalam tangannya. Namun karena ia telah terbiasa membuang batu ke laut, maka batu ajaib itu pun tanpa disadari terbuang olehnya, dan pemudammiskin itu tetap melanjutkan ‘permainannya’ memungut dan membuang batu ke laut. Kini ia telah lupa apa yang sedang dicarinya.

Teman, pernahkah kita merasakan kalau hidup ini hanyalah suatu rentetan perulangan yang membosankan? Dari kecil, kita sebenarnya sudah dapat merasakannya, kita harus bangun pagi-pagi untuk bersekolah, lalu pada siangnya kita pulang, mungkin sambil melakukan aktifitas lainnya, seperti belajar, nonton TV, tidur, lalu pada malamnya makan malam, kemudian tidur, keesokkan harinya kita kembali bangun pagi untuk bersekolah, dan melakukan aktifitas seperti hari kemarin, hal itu berulang kali kita lakukan bertahun-tahun !! 

Hingga akhirnya tiba saatnya untuk kita bekerja, tak jauh beda dengan bersekolah, kita harus bangun pagi-pagi untuk berangkat ke kantor, lalu pulang pada sore/malam harinya, kemudian kita tidur, keesokan harinya kita harus kembali bekerja lagi, dan melakukan aktifitas yang sama seperti kemarin, sampai kapan, dan apakah pernah kita merasa bosan dengan aktifitas yang selalu monoton itu?

“Bila hidup ini cuman suatu rentetan perulangan yang membosankan, maka kita akan kehilangan kesempatan untuk menemukan nilai baru di balik setiap peristiwa hidup.”

Artinya, jangan melihat aktifitas yang kita lakukan ini sebagai suatu kebiasaan atau rutinitas, karena jika kita menganggap demikian, maka aktifitas kita akan amat sangat membosankan !!

Cobalah maknai setiap peristiwa yang terjadi dalam hidup kita, mungkin kita akan menemukan suatu yang baru, sesuatu yang belum pernah kita ketahui sebelumnya, karena “Setiap hari merupakan hadiah baru yang menyimpan sejuta arti.”

1 komentar:

  • Anonim says:
    18 Desember 2012 pukul 02.35

    Ya... Setiap hari adalah hal indah yg harus dimaknai....

Posting Komentar