Laman

Please Select The Desired Language

English French German Spain Italian Dutch Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

26 Feb 2013

Ingin Kugenggam Dunia


Dulu ketika aku masih muda, aku sangat ingin mengubah dunia ini menjadi lebih baik. Tapi setelah sekian waktu aku lalui akhirnya aku sadar bahwa betapa sulitnya mengubah seluruh dunia ini. 

Akupun lalu memutuskan untuk mengubah negeriku saja. Lalu aku kembali sadar bahwa aku tidak bisa mengubah negariku begitu saja. 

Akupun lalu mulai berusaha mengubah kotaku. Ketika aku semakin tua, aku sadari tidaklah mudah mengubah kotaku. 

Maka aku mulai mengubah keluargaku. Kini aku semakin renta, aku pun tak bisa mengubah keluargaku. Aku sadari bahwa satu-satunya yang bisa aku ubah adalah diriku sendiri.

Akhirnya aku tersadarkan bahwa bila saja aku bisa mengubah diriku sejak dahulu, aku pasti bisa mengubah keluargaku dan kotaku. Pada akhirnya aku akan mengubah negaraku dan aku pun bisa mengubah seluruh dunia ini.

***

Kawan, Tidak ada yang bisa kita ubah sebelum kita mampu mengubah diri kita sendiri untuk lebih baik. Tak bisa kita mengubah diri sendiri sebelum kita mengenal diri sendiri, dan takkan pernah kita mengenal diri sendiri sebelum kita mampu menerima diri ini apa adanya. 

0 komentar:

Posting Komentar