Laman

Please Select The Desired Language

English French German Spain Italian Dutch Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

30 Jun 2014

SEJARAH AWAL MULA FOTOGRAFI DUNIA


Teknologi fotografi dimulai dengan sebuah kotak penangkap bayangan gambar, sebuah alat yang mulanya untuk meneliti konstalasi bintang yang dipatenkan oleh Gemma Fricius pada 1554. Namun sebenarnya, cikal bakal teknologi ini adalah seorang ahli filsafat Cina bernama Mo Ti pada abad ke-5 SM, Aristoteles pada abad ke-3 SM, dan seorang Arab bernama Ibn Al-Haitham pada abad ke-10 M. Kemudian pada 1558 ilmuwan Italy Giambattista della Porta menyebut "camera obscura" pada sebuah kotak kososng yang membantu pelukis menangkap bayangan gambar.

Lalu pada 1727, Johann Heinrich Schulze menemukan bahwa cairan tertentu akan berubah warnanya jika diekspos ke sinar. Kemudian pada awal abad ke-19, Thomas Wegwood melakukan sebuah percobaan. Ia berhasil menangkap citra sebuah objek. Namun sayangnya citra tersebut tidak bertahan lama karena belum ditemukannya metode untuk membuat citra menjadi permanen.

Akhirnya pada 1824 foto pertama berhasil dibuat oleh seniman lithography Prancis Nicéphore Niépce. Niépce membuat foto dengan pelat logam yang disinari dalam camera obscura selama delapan jam. Merasa kurang puas, Niépce bekerja sama dengan pelukis asal Prancis Louis-Jacques-Mandé Daguerre untuk menyempurnakan penelitiannya yang lalu disebut heliografi. Dalam bahasa Yunani, helios adalah matahari dan graphos berarti menulis.

Namun karena Niépce wafat pada 1833, Daguerre-lah yang menyelesaikan percobaan tersebut dan menyebut temuannya ini sebagai Daguerreotype dan ia pun dinobatkan sebagai orang pertama yang berhasil membuat foto yang sebenarnya.

Padahal beberapa bulan sebelumnya, seorang ilmuan Inggris bernama William Henry Fox Talbot sudah pula menemukan lukisan fotografi juga menggunakan camera obscura, tapi ia buat posistifnya pada sehelai kertas chlorida perak. Kemudian pada tahun yang sama Talbot menemukan cikal bakal film negatif modern yang terbuat dari lembar kertas beremulsi yang bisa digunakan untuk mencetak foto dengan cara contact print (print yang dibuat tanpa pembesaran / pengecilan) juga bisa digunakan untuk cetak ulang layaknya film negatif modern. Proses ini disebut Calotype yang kemudian dikembangkan menjadi Talbotypes.

Kemudian pada Januari 1850 seorang ahli kimia Inggris bernama Robert Bingham memperkenalkan penggunaan collodion sebagai emulsi foto, yang saat itu cukup populer dengan sebutan wet-plate photography. Walaupun cukup rumit, proses collodion ini banyak digemari fotografer karena dianggap cukup menjanjikan. Sejak saat itulah fotografi mulai intens melayani kebutuhan pers.

Temuan teknologi makin maju sejalan dengan masuknya fotografi ke dunia jurnalistik. Karena belum bisa membawa foto ke dalam proses cetak, surat kabar mula-mula menyalin foto ke dalam gambar tangan. Dan surat kabar pertama yang memuat gambar sebagai berita adalah The Daily Graphic pada 16 April 1877. Gambar berita pertama dalam surat kabar itu adalah sebuah peristiwa kebakaran.

Kemudian, ditemukanlah proses cetak half tone pada tahun 1880 yang memungkinkan foto dibawa ke dalam surat kabar. Pada Juni 1888, George Eastman, seorang ilmuwan Amerika, menciptakan revolusi fotografi dunia hasil penelitiannya sejak 1877. Ia menjual produk baru dengan merek Kodak yang terkenal dengan nama Eastman’s Kodak, yaitu berupa sebuah kamera kotak kecil dan ringan, yang telah berisi rol film (dengan bahan kimia Perak Bromida) untuk 100 exposure. Bila seluruh film digunakan, kamera (berisi film) dikirim ke perusahaan Eastman untuk diproses. Setelah itu kamera dikirimkan kembali dan telah berisi rol film yang baru. Berbeda dengan kamera pada masa itu yang besar dan kurang praktis, produk baru tersebut memungkinkan siapa saja dapat memotret dengan leluasa. Nah, kamera KODAK inilah yang kemudian mengalami berbagai penyesuaian teknologi sehingga menjadi kamera yang kita gunakan sekarang.

29 komentar:

  • sekitarkita says:
    31 Oktober 2014 11.42

    Waaah keren nih artikelnya, izin copas, hehe, nggak ding, numpang baca-baca aja. sekalian numpang backlink. :p

  • Web Developers Delhi says:
    7 Januari 2015 03.52

    It was very useful for me. Keep sharing such ideas in the future as well. This was actually what I was looking for, and I am glad to came here! Thanks for sharing the such information with us.

  • Digital Marketing Delhi says:
    9 Januari 2015 03.27

    very informative post for me as I am always looking for new content that can help me and my knowledge grow better.

  • obat pelangsing yang alami says:
    9 Juli 2015 01.44

    artikel yang sangat menarik sekaligus menambah wawasan buat kita yang belum tau sejarah nya forografi..terimaksih..

  • ramuan tahan lama says:
    28 Juli 2015 02.47

    Postingan ini sangat bermanfaat, memberikan informasi mengenai hal yang belum diketahui. Semoga postingan ini bisa memberikan motivasi untuk selalu ingin tahu.

  • Postingan ini sangat bermanfaat, memberikan informasi mengenai hal yang belum diketahui. Semoga postingan ini bisa memberikan motivasi untuk selalu ingin tahu.

  • harga foredi says:
    1 Agustus 2015 07.00

    Makin sukses untuk websitenya, kami akan selalu mengikuti dan hadir sebagai sahabat yang baik. Terimakasih banyak, pak/bu

  • cara merawat payudara says:
    12 Agustus 2015 06.00

    Selamat malam, salam kenal nih kak.. mampir ya, blognya bagus banget nih templatenya, isinya juga keren-keren, penuh info penting dan bermutu, keep posting ya kaka ^^

  • OBAT OLES PRIA says:
    25 Agustus 2015 02.37

    sudah beberapa hari saya mencari berita seperti ini, dan akhirnya.. akhirnya ketemu!! terimakasih nih ya? postingannya sangat berharga bagi saya, thanks gan!

  • Cara Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan says:
    31 Agustus 2015 00.01

    Terimakasih atas semua artikel bermanfaat yang sudah anda publikasikan melalui blog yang menarik ini, saya tunggu postingan selanjutnya, have a nice day, kawan :)

  • Cara Memperlancar Haid says:
    8 September 2015 02.59

    Semua berita yang ada di website anda sangat menarik perhatian untuk di simak, salam sehat. . . !! Semoga beritanya dapat bermanfaat! share ya gan, thanks nih!!

  • Fiforlif says:
    15 September 2015 06.32

    Sebentar lagi hari raya idul adha akan tiba, jangan lupa puasa arafah bagi yang muslim, semoga tahun ini membawa berkah dan kebahagiaan. Keep posting, gan..

  • Obat Penurun Kolesterol says:
    27 April 2016 23.33

    terimakasih buat informasi fotografinya gan, saya jadi lebih tahu sejerah fotografi..

  • soraru amatsuki alien says:
    27 Juli 2016 04.56

    nice post, kawan.. jangan lupa kunjungan baliknya ya?? saya tunggu, terimakasih. Hhihihihihihi

  • Samsunda cilingir says:
    30 November 2016 01.33

    Selam admin tenku web site super basarilarinizin devamini bekleriz

  • UX Design Studio says:
    19 April 2017 22.12

    This is the precise weblog for anybody who needs to seek out out about this topic. You notice so much its almost arduous to argue with you. You positively put a brand new spin on a subject that's been written about for years. Nice stuff, simply nice!

  • Buy Contact Lenses says:
    24 April 2017 23.37

    Very great post. I simply stumbled upon your blog and wanted to say that I have really enjoyed browsing your weblog posts. After all I’ll be subscribing on your feed and I am hoping you write again very soon!

  • GST Registration Delhi says:
    3 Mei 2017 08.14

    It was very useful for me. Keep sharing such ideas in the future as well. This was actually what I was looking for, and I am glad to came here! Thanks for sharing such informative post.

  • Hazet India says:
    16 Mei 2017 00.19

    Hey keep posting such good and meaningful articles.

  • Flott India says:
    18 Mei 2017 01.23

    I don’t know how should I give you thanks! I am totally stunned by your article. You saved my time. Thanks a million for sharing this article.

  • Ciba Vision Freshlook Contact Lens says:
    5 Juli 2017 03.09

    Great article, Thanks for your great information, the content is quiet interesting. I will be waiting for your next post.

  • GST Course says:
    21 Juli 2017 23.49

    Blogging is the new poetry. I find it wonderful and amazing in many ways.

  • krim pemutih wajah liyoskin says:
    26 Juli 2017 02.00

    nice

  • GST Impact Analysis says:
    27 Juli 2017 00.52

    Interesting. Your instructions look clear but I'm not very good at this so I hope this will work well for me. Thanks for the tips!

  • GST Course says:
    27 Juli 2017 05.02

    Hi, Really great effort. Everyone must read this article. Thanks for sharing.

  • Cream wajah aman says:
    3 Oktober 2017 21.57

    Postingan yang sangat bermanfaat sekalih gan,
    Di tunggu postingan yang lainnya gan.

  • Cream wajah Liyoskin says:
    9 Oktober 2017 23.26

    postingan yang sangat bermanfaat sekalih gan

  • Artikel yang sangat bermanfaat gan,
    di tunggu artikel selan jutnya gan

Posting Komentar