Laman

Please Select The Desired Language

English French German Spain Italian Dutch Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

31 Jul 2013

Sebuah Kota Unik di Libya dimana Kaum Pria dan Wanitanya Terpisah


Di Libya, ada sebuah kota unik karena dua hal. Pertama, arsitektur pemukiman yang kompleks dan seperti sarang lebah. Yang kedua, bentuk tersebut punya tujuan khas dimana Kaum pria dan wanitanya 'terpisah'.

Sebagai penerapan sebuah hukum Islam agar menjauhi zinah akibat dari percampuran kaum pria dan wanita dalam kehidupan sehari-hari, maka Ghadames dapat menjadi contoh yang sangat unik. Kota ini disebut juga dengan “pearl of the desert” atau "mutiara gurun". Letaknya di Distrik Nalut, Tripolitania, sebelah barat daya Libya.

Ghademes merupakan sebuah kota tua. Dari catatan sejarah kota ini sudah ada sejak periode Romawi yang pada saat itu dikenal dengan sebutan Cydamus sebuah kota benteng abad ke-1 SM.

Populasi di Kota ini sekitar 10.000 jiwa. Rumah-rumah di tempat ini memiliki arsitektur yang sangat unik dimana bagian dasar berguna untuk penyimpanan persediaan bahan makanan, dan lantai lainnya berfungsi untuk keluarga. Yang unik terletak di bagian atas bangunan tersebut, dimana terdapat teras terbuka yang disediakan khusus untuk kaum perempuan.


Di bagian itulah para perempuan dapat bergerak bebas, mereka dapat berkomunikasi kepada teman dan tetangga, bahkan dapat juga digunakan untuk bergerak kesegala sudut kota diantara 'atap' bangunan. Bagian atas ini tertutup dari bagian bawah. Artinya, kaum pria ada di bagian bawah dan tidak bisa melihat kaum wanita yang berada di bagian atas, begitu juga sebaliknya.